27 May 2009

RPP PSB Kelas VII/2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP No. 10.2 )

SEKOLAH : SMP Negeri 2 Selaawi

MATA PELAJARAN : Seni Budaya (Seni Rupa)

KELAS/SEMESTER : VII/2

PERTEMUAN KE : 1-10

ALOKASI WAKTU : 20 X 40 Menit

STANDAR KOMPETENSI : 2. Mengekspresikan diri melalui

karya senI rupa

KOMPETENSI DASAR : 10.2 Membuat karya seni kriya dengan

teknik dan corak daerah setempat

INDIKATOR :

1. Mendeskripsikan konsep keramik sebagai benda pakai dan benda

hias

2. Membuat benda pakai keramik dengan teknik dan corak daerah

(Jawa Barat).

3. Membuat benda hias keramik dengan teknik dan corak daerah

(Jawa Barat).

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa mampu :

  1. Mendeskripsikan konsep keramik
  2. Mendeskripsikan konsep keramik sebagai benda pakai
  3. Mendeskripsikan konsep keramik sebagai dan benda hias.
  4. Menyebutkan bahan yang dapat dibuat keramik.
  5. Menyebutkan lima alat yang dapat digunakan untuk membuat keramik.
  6. Menyebutkan lima teknik pembuatan keramik.
  7. Merancang keramik benda pakai.
  8. Merancang keramik benda hias.

9. Membuat karya seni kriya keramik benda pakai dengan teknik dan

corak daerah (Jawa Barat).

10. Membuat karya seni kriya keramik benda hias dengan teknik dan

corak daerah (Jawa Barat).

B. MATERI POKOK

  • Konsep keramik sebagai benda pakai dan benda hias, jenis, bahan, alat, dan teknik pembuatan

C. METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan CTL : demonstrasi dan penugasan

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN:

  1. Kegiatan Pendahuluan
  • Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
  • Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan
  1. Kegiatan Inti
  • Membaca referensi kriya keramik
  • Melihat tayangan gambar keramik benda pakai dan benda hias
  • Merancang keramik benda pakai dan benda hias
  • Membuat keramik benda pakai
  • Membuat keramik benda hias

3. Kegiatan Akhir

· Menunjukkan rancangan keramik terbaik dari siswa

· Menyimpulkan materi pembelajaran

E. SUMBER BELAJAR

· Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VII Penerbit Erlanga

· Media elektronik lap top dan LCD proyektor

· Benda-benda kriya keramik

F. PENILAIAN

  • Teknik : Tes tulis dan Tes unjuk kerja
  • Bentuk Instrumen : Uraian dan Uji prosedur dan produk
  • Instrumen :

1. Jelaskan konsep keramik!

2. Jelaskan konsep keramik sebagai benda pakai!

3. Jelaskan konsep keramik sebagai benda hias!

4. Sebutkan bahan yang dapat dibuat keramik!

5. Sebutkan lima alat yang dapat digunakan untuk membuat keramik!

6. Sebutkan lima teknik pembuatan keramik!

7. Buatlah rancangan keramik benda pakai!

8. Buatlah rancangan keramik benda hias!

9. Buatlah seni kriya keramik benda pakai dengan teknik dan corak

(Jawa Barat)!

10. Buatlah seni kriya keramik benda hias dengan teknik dan corak

(Jawa Barat)!

Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa/ kriya keramik

Aspek-aspek yang dinilai

Penilaian

1

2

3

4

5

Gagasan

Kreativitas

Teknik / bentuk

Karakteristik

Keterangan

1 = sangat kurang, 2 = kurang, 3 = cukup, 4 = baik, dan 5 = sangat baik

===========================================================

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN

( RPP No. 10.3 )

SEKOLAH : SMP Negeri 2 Selaawi

MATAPEL : Seni Budaya (Seni Rupa)

KELAS/SEMESTER : VII/2

PERTEMUAN KE : 11-12

ALOKASI WAKTU : 4 X 40 Menit

STANDAR KOMPETENSI : 10. Mengekspresikan diri melalui karya

seni rupa

KOMPETENSI DASAR : 10.3 Menyiapkan karya seni rupa hasil

buatan sendiri untuk pameran kelas

atau sekolah

INDIKATOR :

1. Mendeskripsikan konsep pameran seni rupa

2. Membuat perencanaan pameran karya seni rupa dua dimensional

dan tiga dimensional buatan sendiri di kelas

3. Membuat kelengkapan pameran seni rupa di kelas

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa mampu :

  1. Mendeskripsikan konsep pameran seni rupa
  2. Membuat perencanaan pameran karya seni rupa dua dimensional

dan tiga dimensional buatan sendiri di kelas

  1. Membuat kelengkapan pameran seni rupa di kelas

B. MATERI POKOK :

· Pameran karya seni rupa daerah setempat, meliputi: konsep, fungsi,

perlengkapan, dan perencanaan.

C. METODE PEMBELAJARAN :

Pendekatan CTL : Portofolio pamer, pemberian tugas.

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

1. Kegiatan Pendahuluan

· Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa

· Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai

materi yang akan diajarkan

2. Kegiatan Inti

· Membaca buku teks tentang pameran

· Menyiapkan rencana pameran, dan membentuk kepanitiaan

pameran.

· Membuat proposal pameran seni rupa di kelas

· Membuat buku tamu, katalog, dan label karya

3. Kegiatan Akhir

· Menyimpulkan materi pembelajaran

E. SUMBER BELAJAR :

· Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VII Penerbit Erlangga

F. PENILAIAN

Teknik : Penugasan

Bentuk Instrumen : Tugas proyek

Instrumen :

  1. Jelaskan konsep pameran seni rupa!
  2. Buatlah perencanaan pameran di kelas hasil karya buatan sendiri!
  3. Buatlah susunan panitia pameran kelas!

4. Buatlah katalog untuk kegiatan pameran di kelas!

Contoh lembar penilaian proposal pameran seni rupa

Aspek-aspek yang dinilai

Penilaian

1

2

3

4

5

Sistematika proposal

Kepanitiaan pameran

Kesesuaian anggaran dan belanja

Kreativitas acara pameran

Keterangan

1 = sangat kurang

2 = kurang

3 = cukup

4 = baik

5 = sangat baik

===========================================================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP No. 10.3 )

SEKOLAH : SMP Negeri 2 Selaawi

MATAPEL : Seni Budaya (Seni Rupa)

KELAS/SEMESTER : VII/2

PERTEMUAN KE : 11-12

ALOKASI WAKTU : 2X40 Menit

STANDAR KOMPETENSI : 10. Mengekspresikan diri melalui karya

seni rupa

KOMPETENSI DASAR : 10.4 Menata karya seni rupa hasil buatan

sendiri dalam bentuk pameran

kelas atau sekolah

INDIKATOR :

1. Membuat denah ruang pameran seni rupa di kelas

2. Menata karya seni rupa di kelas

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa mampu :

1. Membuat denah ruang pameran seni rupa di kelas

2. Menata karya seni rupa di kelas

B. MATERI POKOK :

  • Denah ruang pameran seni rupa
  • Penataan karya seni rupa di kelas.

C. METODE PEMBELAJARAN :

Pendekatan CTL, Portofolio pamer, pemberian tugas

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :

  1. Kegiatan Pendahuluan

· Memberikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa

· Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan diajarkan

1. Kegiatan Inti

· Membuat denah ruang pameran seni rupa di kelas.

· Menata karya seni rupa di ruang pameran.

· Pelaksanaan pameran.

· Penilaian proses pelaksanaan pameran

3. Kegiatan Akhir

· Menyimpulkan materi pembelajaran

E. SUMBER BELAJAR :

· Buku teks Seni Budaya untuk SMP Kelas VII Penerbit Erlangga

F. PENILAIAN

Teknik : Penugasan

Bentuk Instrumen : Tugas proyek

Instrumen : 1. Buatlah denah ruang pameran seni rupa di

kelas!

2. Tatalah karya seni rupa di kelas!

Contoh lembar penilaian penyelenggaraan pameran seni rupa

Aspek-aspek yang dinilai

Penilaian

1

2

3

4

5

Denah ruang pameran

Penataan karya

Kelengkapan pameran

Tanggapan pengunjung

Keterangan

1 = sangat kurang

2 = kurang

3 = cukup

4 = baik

5 = sangat baik

0 comments:

about me,,,


 

Design by kuncen jeungjing